Pembinaan dan Himbauan Kamtibmas oleh Tim Operasi Bina Kusuma Rinjani 2023 di Lombok Barat

Menekan Aktifitas Premanisme dan Tindak Pidana 3C di Bukit Ledu

Lombok Barat, NTB – Tim Operasi Bina Kusuma Rinjani 2023 melaksanakan kegiatan pembinaan dan himbauan kepada warga masyarakat dan pengelola wisata Bukit Ledu.

Bertempat di Dusun Lendang Sedi, Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (5/4/2023) pukul 13.00-14.30 Wita.

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Wahyu Indrawan, S. Sos., mengtakan Dalam kegiatan ini melibatkan Kanit Binmas dari beberapa Polsek di Polres Lombok Barat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menertibkan anak-anak sekolah yang bolos di saat jam belajar datang ke tempat wisata tersebut. Serta memberikan himbauan tentang premanisme dan tindak pidana 3C yang meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan Dua Sasaran yang Berbeda

Tim operasi yang terdiri dari Kanit Binmas Polsek Batu Layar, Kanit Binmas Polsek Sekotong, Kanit Binmas Polsek Kediri. Kemudian Kanit Binmas Polsek KP3 Lembar, dan empat personil staf Polres Lombok Barat.

“Hari ini kami membaginya menjadi dua kegiatan, yakni di lokasi wisata dan menyambangi kelompok warga Masyarakat,” terangnya.

Pada likasi pertama, tim berkoordinasi dengan pengelola wisata Bukit Ledu dan memberikan himbauan agar membantu pihak kepolisian.

“Imbauan untuk bersama-sama peduli,  menertibkan dan melarang anak-anak sekolah yang bolos datang ke tempat wisata tersebut pada saat jam belajar,” ujarnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kenakalan pelajar usia remaja yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

“Pada lokasi berilutnya, tim melakukan sambang ke beberapa kelompok warga masyarakat yang dominan sebagai petani,” imbuhnya.

Memperbanyak Imbauan

Sasaran pada kegiatan ini adalah memberikan himbauan tentang premanisme dan tindak pidana 3C yang meresahkan masyarakat, terutama pada saat jam-jam rawan.

“Tim Operasi Bina Kusuma Rinjani 2023 menekankan agar selama bulan puasa, semua lapisan masyarakat ikut serta dalam rangka Harkamtibmas,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga mengimbau apabila ada kejadian yang mencurigakan atau keresahan, menharapkan masyarakat menghubungi layanan 110 Polres Lombok Barat.

“Hasil dari kegiatan ini adalah tersampaikannya pesan-pesan Kamtibmas kepada kelompok tani dan pengelola wisata Bukit Ledu. Untuk ikut serta bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” katanya.

Tim Operasi Bina Kusuma Rinjani 2023 berhasil menekan aktifitas premanisme dan tindak pidana 3C yang meresahkan masyarakat di daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *