Polsek Sekotong Bina Keamanan dan Kemitraan dengan Kelompok Boatman di Desa Gili Gede Indah Melalui Kegiatan Jumat Curhat

Jumat Curhat Polsek Sekotong dengan Kelompok Boatman Desa Gili Gede Indah

Lombok Barat, NTB – Kepolisian Sektor (Polsek) Sekotong melakukan kegiatan Jumat Curhat guna membina keamanan dan membangun kemitraan dengan Kelompok Boatman Desa Gili Gede Indah.

Bertempat di Pelabuhan Tembowong, Dusun Kayu Putih, Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (9/6/2023)

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi dan kesempatan bagi masyarakat. Untuk menyampaikan keluhan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kali ini bertempat di pelabuhan Tembowong, untuk mempererat hubungan dengan para boatman yang beroperasi di sana,” ungkapnya.

Selama sesi curat, salah satu anggota boatman mengungkapkan kebutuhan akan patroli malam di perairan Gili Gede Indah guna mencegah kecelakaan laut.

Sedangkan anggota boatman lainnya mengungkapkan kekhawatiran terkait kelengkapan keselamatan, seperti kerusakan pelampung dan peralatan lainnya. Serta masalah sampah yang melanda sepanjang pantai pelabuhan Tembowong.

“Terhadap permasalahan dari kelompok boatman. Pertama, terkait permasalahan patroli malam di perairan Gili Gede Indah, akan menyampaikannya agar terlaksana perairan di Polres Lombok Barat, mengingat Polsek Sekotong tidak memiliki unit tersebut,” ucapnya.

Kedua, terkait masalah sampah, Bhabinkamtibmas Gili Gede Indah akan menginisiasi kegiatan pembersihan pantai pelabuhan Tembowong.

“Dengan melibatkan pemuda, kelompok boatman, dan pemerintah desa, serta memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Ketiga, Polsek Sekotong menyarankan ketua kelompok boatman untuk membuat proposal terkait sarana keselamatan perairan yang dapat diajukan kepada pihak terkait.

Kegiatan Jumat Curhat Polsek Sekotong dengan Kelompok Boatman Desa Gili Gede Indah berjalan dengan baik dan menciptakan situasi yang kondusif selama kegiatan berlangsung.

Melalui kegiatan ini, terjalin komunikasi yang baik antara Kapolsek Sekotong dengan kelompok boatman dalam upaya mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayah perairan.

Hasil kegiatan ini menunjukkan pemahaman kelompok masyarakat dan pemuda akan pentingnya usaha dan perjuangan yang maksimal dalam memajukan kelompok boatman.

Selain itu, terjalinnya hubungan yang erat antara Polsek Sekotong dengan kelompok boatman diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan di perairan Gili Gede Indah.

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH, menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kerjasama yang terjalin dalam kegiatan Jumat Curhat ini.

Dia juga berharap agar kemitraan yang terbangun dapat terus ditingkatkan demi menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sejahtera bagi semua pihak yang beraktivitas di perairan tersebut.

“Dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini, sebagai bentuk komitmen Polsek Sekotong dalam membina kemitraan dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *