Kapolsek Labuapi Gelar Program Jumat Curhat untuk Meningkatkan Sinergi dengan Masyarakat

Sinergi Kepolisian dan Masyarakat Desa Telagawaru di Lombok Barat dalam Program Jumat Curhat

Lombok Barat, NTB – Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli, SH melaksanakan program Jumat Curhat di Kantor Desa Telagawaru, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat pada Jumat (16/6/2023). Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Polsek Labuapi, tokoh masyarakat, dan perangkat desa setempat.

Dalam kegiatan tersebut tersebut, Sekdes Telagawaru uga memfasilitasi Masyarakat, memberikan kesempatan untuk menyampaikan curhatannya. Mulai dari usulan, saran, dan permasalahan terkait keamanan kepada Polsek Labuapi.

Sekdes Telagawaru mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas kinerja kepolisian, termasuk dalam pengamanan pasar tradisional dan pelaksanaan patroli malam yang menghimbau warga untuk tidak berkumpul di jam malam.

Ipda Benhard S., Kanit Reskrim Polsek Labuapi, mengajak warga untuk menyampaikan usulan, saran, dan permasalahan yang ada di desa kepada Polsek Labuapi. Guna meningkatkan pelayanan dan tugas kepolisian.

“Selain itumenyampaikan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan menghimbau warga yang hendak menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Agar melalui jalur legal dan sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Ketua BPD Telagawaru menyampaikan beberapa hal terkait tugas kepolisian dan situasi di desa. Mengusulkan pembentukan Badan Keamanan Desa (BKD) guna menghindari gesekan di antara warga dengan dukungan politik yang berbeda.

Selain itu, Ketua BPD juga meminta agar kegiatan ronda atau siskamling di desa dapat diaktifkan kembali. Terkait dengan PMI, ia memberikan informasi mengenai program Zero Cost dari Kementerian Ketenagakerjaan yang memastikan warga yang bekerja di luar negeri tidak dikenakan biaya. Pihak desa telah mempersiapkan akun untuk pendataan warga yang bekerja di luar negeri.

Menanggapi masukan dari warga dan perangkat desa, Kanit Reskrim menyampaikan bahwa pihak Kepolisian mendukung usulan pembentukan BKD.

“Serta usulan untuk pengaktifan kembali kegiatan ronda untuk kepentingan bersama,” tandasnya.

Dengan adanya program Jumat Curhat ini, harapannya dapat mempererat hubungan antara kepolisian dengan masyarakat.

Melalui dialog dan komunikasi yang terjalin, diharapkan tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga Desa Telagawaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *