Peringatan HUT RI ke-78: Lombok Barat Luncurkan Program Jaminan Kesehatan Universal

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, Bupati Lombok Barat (Lobar) bersama seluruh jajarannya mengenang perjuangan para pahlawan bangsa. Acara serupa juga berlangsung di seluruh Kantor Camat dan Kantor Desa di wilayah Lobar, Kamis (17/8/2023).

Dalam amanatnya, Bupati Lobar menegaskan bahwa kemerdekaan bukanlah titik akhir, melainkan fondasi untuk memulai perjuangan baru dalam mengisi kemerdekaan.

Sebagai bentuk nyata dari amanat tersebut, bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-78 ini juga diluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) dari Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mataram Cabang Mataram yakni sebuah jaminan kesehatan yang akan efektif pada Oktober mendatang.

“Program ini nantinya diharapkan dapat menjamin semua warga Lobar untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan berkualitas tanpa hambatan finansial, cukup dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Lobar,” Ungkap Kepala Dikes Lobar Arief Suryawirawan, S.Si., APt., MPH.

“Nantinya masyarakat yang membutuhkan pelayananan medis, tidak perlu repot untuk mengurus jaminan kesehatan. Cukup dengan menunjukkan KTP Lobar sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas dan Rumah Sakit yg ada di wilayah Lobar,” Tambahnya.

Peluncuran UHC ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, dan Kepala BPJS Cabang Mataram, dan ditandai dengan pelepasan 17 ekor burung merpati oleh Bupati dan Wakil Bupati di Halaman Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Gerung, Nusa Tenggara Barat.

“Diharapkan dengan kebijakan dan kerjasama yang baru ini, kualitas kesehatan masyarakat Lobar akan semakin meningkat,” tutup Angga Firdauzie Kepala BPJS Cabang Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *