Kerjasama Babinsa dan Warga, Upaya Bersama Bersihkan Saluran Irigasi di Peteluan Indah

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Peteluan Indah, Komando Rayon Militer  (Koramil) 1606-08/Narmada ikut ambil bagian dalam gotong royong bersama Kepala Dusun (Kadus) dan anggota Kelompok Pertanian (Poktan) bersihkan saluran irigasi yang mengaliri area persawahan di Dusun Bagek Nunggal, Desa Peteluan Indah, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Minggu (19/11/2023).

Babinsa Peteluan Indah Sertu Muhasim menjelaskan dalam laporannya, “dikarenakan beberapa wilayah di pulau Lombok terlebih wilayah Lombok Barat serta Kota Mataram mulai turun hujan, aliran irigasi di beberapa titik area yang melalui perumahan warga menuju persawahan tersumbat akibat banyaknya sampah rumah tangga, kami bersama Kadus, dan warga bergotong royong membongkar sebagian talud gorong-gorong irigasi yang dimanfaatkan juga oleh warga sebagai jalan,” jelasnya.

“aksi tersebut kami lakukan untuk mengangkat sampah yang menyumbat aliran air. Kami berharap warga bisa menghentikan kebiasaan buruk dalam membuang sampah ke sungai atau saluran air jika saat musim hujan agar aliran sungai lancar,” harapnya.

Ramdan, Kadus Peteluan Indah, mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan berpartisipasi dalam gotong royong membersihkan saluran irigasi tersebut. Demi kelancaran air yang mengalir menuju area persawahan dan tidak meluap ke perumahan warga mengingat intensitas musim hujan mulai tinggi di beberapa wilayah di Pulau Lombok,” tutup Kadus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *